Inilah Efek Mengerikan untuk Bumi Jika Larsen C – 1 Lempengan Es Paling besar di Antartika Akan Patah

Posted on

Satu lempengan es paling besar di Antartika yang di ketahui oleh manusia bakal segera patah serta terpisah dari benua es itu. Lempengan ini bernama Larsen C serta telah mulai patah dengan cara perlahan dari sisi selatan benua ini.

Celakanya, retakan yang besar telah meneror bakal patah serta memisahkan lempengan es baru seluas lebih kurang 5. 000 km. kubik. Patahan ini telah disangka bakal terpisah sepanjang sebagian bln. paling akhir. Pada pertengahan Desember 2016 silam, patahan serta retakan makin terang tampak hingga hal semacam ini mungkin saja bakal selekasnya berlangsung.

Larsen C adalah satu dari 10 lempengan es paling besar di Antartika. Keseluruhnya dari lempengan es Larsen C luasnya lebih kurang dua kali lipat dari Hawaii. Larsen C memanglah tak tunjukkan sinyal tanda bakal roboh, tetapi patahan baru ini bakal kurangi sekitaran 10 persen dari keseluruhnya lempengan.

Beberapa peneliti cemas, patahnya 10 persen dari sisi Larsen C ini bakal bikin keadaan jadi tak stabil. Kurun waktu satu dekade ke depan, mungkin saja Larsen C bakal betul-betul kolaps.

Hal semacam ini begitu mencemaskan lantaran Larsen C yaitu lempengan es yang paling utama di Antartika. Bila nantinya Larsen C betul-betul semuanya rusak, jadi bakal berlangsung kenaikan level air laut didunia sampai sekitaran 10 cm.

Angka ini mungkin saja terdengar kecil, tetapi apabila dipadukan dengan rerata kenaikan level air th. tiap-tiap tahunnya, jadi di hari esok kenaikan air laut bakal begitu banyak serta mengakibatkan munculnya beragam jenis bencana.

loading...